Lompat ke konten

Prepare Buka Usaha Kuliner Online? Siapkan 3 Hal Ini Dulu!

  • oleh

Membuka usaha kuliner saat ini sedang merebak, diberbagai kota. Jika Anda pengguna sosial media, pasti sudah begitu akrab dengan review-review makanan para pengunjung, vloger, blogger, atau pakar kuliner. Berwisata kuliner, dari satu tempat ke tempat yang lain, namun saat ini juga menjadi trend yaitu mengulas makanan yang diorder melalui aplikasi online. Berawal dari kemudahan akses ini, berdampak pada makin maraknya usaha kuliner online yang cukup menyediakan kitchen untuk take away, tanpa menyediakan kursi meja untuk santap ditempat. Usaha kuliner online seperti model ini, bisa jadi pilihan  untuk Anda yang masih baru merintis.

Namun, meski dengan model yang simpel dengan menyediakan kitchen dan tempat order. Anda tetap harus memperhatikan hal hal berikut ini yang wajib disiapkan sebelum membuka usaha kuliner online. Tentu, kepuasaan pelanggan adalah keutamaan bagi usaha Anda bukan? Jadi, mari simak 3 point penting yang harus disiapkan sebelum memulainya.

1. Penataan Outlet

Selain menyiapkan menu andalan beserta fotonya, tentu saja penataan outlet merupakan hal yang penting diperhatikan. Hal ini ditujukan agar pengambil pesanan dengan mudah mengetahui alur order di outlet Anda. Sediakan tempat duduk untuk para pelanggan menunggu pesanan dibuat. Jika memungkinkan, sediakan tempat untuk charge ponsel (karena kebanyakan yang datang adalah driver transportasi online). Pastikan, penataan kitchen bersih, nyaman, dan aman. Gunakan ornamen warna warna cat atau wallpaper outlet yang menjadi ciri khas kuliner Anda. Meskipun gerai usaha online, pengunjung biasanya mengabadikan moment berada dioutlet dengan berfoto. 

2. Kelengkapan Takeaway

Sebagai penyedia kuliner online, tentu tidak bisa mengenyampingkan kelengkapan pengiriman makanan. Berikut ini yang perlu disiapkan adalah kemasan makanan yang foodgrade (ingat bahwa saat ini sudah banyak customer yang begitu aware akan kesehatan). Sebisa mungkin, gunakan label dikemasan makanan, sehingga dapat menguatkan branding. Karena ketika pelanggan post makanan yang disantap ke sosial media, secara tidak langsung mereka mempromosikan produk Anda. 

3. Seragam Tim

Tim yang bertugas sangat perlu diperhatikan, ingat mereka adalah garda terdepan yang langsung berinteraksi dengan pelanggan. Baik dari seragam bagian kasir hingga koki, perlu diperhatikan. Jangan remehkan kekuatan seragam dalam branding usaha Anda. Dengan menggunakan seragam dan kelengkapan atribut, semakin menunjukkan profesionalitas tim Anda. Jika anda melihat diberbagai sosial media, kini penggunaan apron menjadi sebuah kewajiban untuk dikenakan di usaha kuliner. Namun, pastikan bahan apron yang dipilih juga sesuai dengan kebutuhan tim. Apron kini bukan hanya seragam semata, namun juga meningkatkan prestisius brand, juga meningkatkan rasa percaya diri pengguna, hingga berdampak dengan maksimalnya hasil kerja. Tentunya, jika pengunjung memotret outlet Anda, wow…bayangkan betapa primanya pelayanan Anda. Tentu, akan semakin menarik pelanggan bukan ?

Dari ketiga ulasan di atas, bagian mana yang belum anda siapkan? Untuk persiapan seragam Tim Anda, Risum menyediakan apron, glove, topi koki, dan napkin spesial yang dapat diorder dengan bordir brand logo anda. Pilihan warna, model, dan bahan apron dapat dipilih sesuai selera.  Ingat, branding adalah investasi usaha. Customer service kami selalu siap sedia, untuk berdiskusi mewujudkan impian Anda.

WhatsApp Chat