Kinerja Pegawai Low? Yuk dibikin Wow!

Pada sebuah bisnis, kinerja seluruh lapisan tim adalah salah satu faktor yang mendorong bisnis semakin optimal. Namun, tidak dipungkiri untuk mengelola karyawan, menjadi tantangan tersendiri. Mungkin anda pernah merasakan atau terkejut meninjau hasil laporan kinerja pegawai yang semakin menurun. Hal ini perlu diwaspadai, jangan biarkan berlarut-larut, atau justru menunda untuk menemukan solusinya.

Dihimpun dari berbagi sumber, berikut ini ulasan 5 faktor yang dapat dibenahi untuk memulihkan kinerja, dan bahkan semakin menaikan performanya. Apa saja kah itu? Mari simak ulasannya sebagai berikut :

1. Tinjau detail hasil kinerja

Untuk mengukur kinerja karyawan tentu, memiliki point-point sebagai tolok ukur penilaian, dan tentunya perbandingan hasil kerja sebelumnya. Jangan terburu-terburu menilai kinerjanya, cek satu satu point yang sudah dirancang, sehingga dengan mencermati point-point tersebut, akan ditemukan letak dimana menurunnya kinerja karyawan. Dengan ditemukan sumber masalahnya, anda dapat membantu menemukan solusi bagi karyawan.

2. Diskusi

Problem yang dihadapi karyawan tentu berbeda-beda, dengan memberikan ruang berdiskusi atau berkonsultasi permasalahan dapat dipercahkan. Namun ingat, saat berdiskusi, kedua belah pihak harus terbuka dan tentunya fokus pada solusi. Tentu hal ini akan meminimalisir adanya kemungkinan perdebatan. 

3. Dengarkan

Dari point kedua yaitu berdiskusi, tentu yang harus menjadi penyeimbang saat berbincang adalah mendengarkan. Dengan mendengarkan maka karyawan merasa dihargai, dengan rasa seperti itu, tentu menjadikan sesi berdiskusi lebih nyaman dan segera menemukan solusi untuk membenahi kinerja.

4. Bangkitkan rasa percaya dirinya

Ya, jangan anggap remeh kekuatan rasa percaya diri karyawan, dengan memiliki kepercayaan diri tentu kinerja pun dapat semakin optimal. Rasa percaya diri dapat membawa rasa bangga, rasa bertanggung jawab, rasa dapat diandalkan. Nah, jika sudah memiliki rasa seperti ini, semua sepakat membawa dampak positif, bukan? Rasa percaya diri dapat dibangkitkan melalui banyak hal misalnya, penghargaan atas kinerjanya, dan yang paling berkesan dan juga dapat digunakan untuk branding bisnis anda adalah seragam. Jika memiliki bisnis restoran, Anda dapat menyiapkan seragam waiters, kasir, koki, hingga dishwasher untuk menggunakan apron yang didesain stylis. Tidak hanya untuk fashionable, apron ditiap tim dapat dibedakan, untuk menunjang kinerja setiap divisi. Sesuai dengan kebutuhan setiap divisinya. 

5. Berikan bonus

Nah, yang berikut ini pasti sudah tidak asing lagi. Bonus merupakan hal yang begitu menarik dan menggiurkan. Namun, sebelum mengambil langkah ini, pastikan sudah memperhitungkan secara matang terlebih dahulu, jangan sampai Anda merasa keberatan dengan kebijakan, yang Anda rancang sendiri. Tentu dengan adanya challenge yang dapat menghasilkan bonus, karyawan pun akan semakin semangat untuk meningkatkan performa. 

Kelima ulasan merupakan point-point yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan Anda untuk semakin meningkatkan performa tim. Temukan solusi disetiap problem yang ada, dan berikan dukungan untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Penggunaan seragam, seperti ulasan nomor 4, merupakan salah satu kunci agar bisnis Anda semakin meroket, selain meningkatkan kepercayaan diri,  tentunya menguatkan identitas dan branding bisnis anda. 

Pesan uniform kebutuhan bisnis Anda, di Risum.  Kami memiliki beraneka ragam bahan, warna, desain, yang dapat dipesan secara custom, sesuai dengan branding bisnis & kebutuhan Anda. Saat ini juga, diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan customer service kami.