Skip to content

5 Rekomendasi Sekolah Kuliner Terbaik Buat Kamu!

Saat ini, dunia kuliner jadi magnet tersendiri. Tidak hanya bagi penikmat kuliner, namun juga para pelaku usaha. Karenanya, keahlian di bidang masak memasak kini tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Alhasil, sekarang ini banyak kawula muda yang ingin turut menekuni bidang yang menjanjikan ini, satu di antaranya dengan belajar di sekolah kuliner.

Kamu mungkin adalah satu di antaranya.

Sebenarnya belajar memasak bisa dilakukan secara otodidak. Akan tetapi, untuk menjadi chef professional, kamu harus terlebih dahulu menempuh pendidikan memasak untuk mendapatkan sertifikat juru masak yang resmi.

Tidak perlu bingung. Sekarang ini sudah banyak sekolah kuliner terbaik yang ada di beberapa kota di Indonesia. Ini dia lima di antaranya!

Bali Culinary Pastry School, Bali.

Kita mulai dari Bali dulu, ya! Kenapa? Karena dari Bali banyak lahir dan tumbuh chef yang handal dan terkenal. Salah satu tempat lahirnya chef yang handal tersebut adalah Bali Culinary Pastry School ini.

Buat kamu yang ingin belajar di sekolah yang bekerja sama dengan Dusit Thani College ini, kamu harus menempuh setidaknya 3 (tiga) sampai 9 (sembilan) bulan masa Pendidikan. Tak perlu khawatir karena masa pendidikan yang singkat tersebut sudah termasuk masa sekolah dan masa industri. Efektif, bukan?

The Sages Institute International, Surabaya.

Dari Bali kita lanjut ke Surabaya. The Sages Intitute International merupakan sekolah kuliner yang secara khusus berfokus dalam bidang culinologi, hospitality, dan gastronomy. Tidak banyak lho sekolah kuliner yang menyediakan bidang tersebut. Tak heran kalau kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk belajar menjadi chef professional di sekolah yang berdiri sejak tahun 2006 ini.

Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua, Yogyakarta.

Kamu yang tinggal di Yogyakarta tidak perlu bingung mencari sekolah kuliner berkualitas. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua ini bisa jadi pilihan. Kurikulum di sekolah kuliner ini mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan komposisi pengajaran 70% praktik dan 30% teori.

Program yang diadakan oleh sekolah ini berlangsung selama satu tahun saja. Jadi, cocok nih buat kamu yang ingin cepat-cepat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama sekolah ataupun kamu yang ingin membuka usaha di bidang kuliner.

Jakarta Culinary Center, Jakarta.

Ingin belajar jadi pengusaha coffee house yang hebat? Di sini tempatnya!

Sekolah kuliner yang telah menelurkan banyak entrepreneur dan chef profesional ini menawarkan kurikulum yang terintegritas dan dibimbing oleh instruktur terbaik di bidangnya.

Masa belajar di sini adalah 12 bulan. Ada juga program khusus Barista yang hanya ditempuh selama 4 (empat) hari. Cepat, bukan?

Selama 4 (empat) hari tersebut, kamu akan belajar tentang pengetahuan kopi secara teori dan praktik. Bonusnya, kamu juga akan diarahkan untuk menjadi pengusaha coffee house yang sukses. Mau coba?

IONs Culinary College, Yogyakarta

Terarkhir, kita balik lagi ke Yogyakarta. Ada ICC yang siap memberikan edukasi mengenai kuliner secara luas dan pemahaman pengolahan variasi menu, hygine, & sanitasi, serta mengajarkan kemandirian pada siswa saat pengolahan makanan. Selain itu, ICC bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menerbitkan sertifikasi profesi chef, sehingga dapat digunakan sebagai bukti kecakapan sebagai seorang chef handal.

Pengajar di ICC memiliki keahlian dalam bidang masakan Western, Japanese, Oriental dan Middle East. Sekolah ini menyediakan paket eksklusif yang bisa diikuti selama tiga bulan secara intensif, pesertanya terbatas dan kamu bisa belajar langsung dengan pengajar tanpa batas. Salah satu alumni dari ICC pernah menjadi runner-up di ajang Master Chef Junior Musim Ke-3.

Itu tadi lima rekomendasi sekolah kuliner terbaik yang bisa kamu coba.

Jangan ragu untuk memilih sekolah kuliner yang paling pas dengan minat kamu dan wujudkan impianmu untuk mengenakan apron chef profesional yang menjadi kebangganmu!

Ingin buat apron yang cocok untuk geng masakmu? Pesan di sini aja yuk!

WhatsApp Chat